Cara Mudah Membuat Analisis Hari Efektif melalui Aplikasi. Klik untuk Download

Rincian minggu efektif sangat penting untuk menyusun kegiatan selama satu semester. Meskipun saat ini masih diberlakukan kegiatan belajar dari rumah, namun guru sebagai perancang pembelajaran di kelas, tetap diminta menjalankan tugas sebagaimana biasa.

Termasuk membuat perangkat pembelajaran. Yang salah satunya berisi Minggu Efektif.

Minggu efektif merupakan jumlah minggu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tiap semester berdasarkan kalender pendidikan. Setiap semester tentu minggu efektifnya selalu berubah-ubah disesuai dengan kalender tahun berjalan.

Cara menghitung minggu efektif sebenarnya mudah.

Tanggal 1 tiap bulan akan jatuh pada hari yang berbeda. Jika dalam satu minggu tersebut memiliki 3 hari atau lebih hari efektif maka terhitung 1 minggu efektif. Sedangkan untuk minggu yang kurang dari 3 hari efektif maka tidak dihitung minggu efektif.

Perhitungan minggu efektif tentu membantu bapak dan ibu guru dalam merancang pembelajaran agar alokasi waktunya sesuai dengan materi yang diajarkan. Walaupun pada saat ini menggunakan pembelajaran jarak jauh.

Berikut ini adalah Aplikasi AHE yang cara mudah buat berdasarkan kebutuhan guru untu AHE semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.

Aplikasi Analisis Hari Efektif Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 ini kami buat menggunakan Microsoft Excel yang sangat mudah digunakan, aplikasi ini dalam pembuatan telah disesuaikan dengan Kalender Tahun 2021 dan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021, sehingga sangat cocok digunakan oleh setiap guru mulai dari jenjang Pra sekolah, SD/MI, SMP/MTS maupun SMA/MA/SMK, dapat digunakan oleh semua mata pelajaran.

Klik untuk Download

Sumber

 

1 comment: