Pak Kusyri Yang Selalu di Hati
Sungguh saya tidak menduga. Kamis (11/12/2014) pagi itu
menjadi bersejarah, ketika saya ketemu dengan
Kepala Sekolah semasa SMP dulu. Drs Kusyri. Saya menyebutnya Kepala SMP yang legendaris.
Bagaimana tidak. Bibit disiplin yang beliau tanamkan, masih bisa saya rasakan
hingga sekarang.
Pak Kusyri itu tipe pemimpin yang sebenarnya. Meskipun masih
menjadi siswa saat itu, namun saya bisa merasakan bahwa kepemimpinannya tegas,
jujur, dan berwibawa. Banyak gaya kepemimpinannya yang menunjukkan sikap-sikap
itu.
Semasa aktif dulu, sesaat setelah bel masuk, Pak Kusyri
biasanya berdiri di depan pintu gerbang. Membariskan, menegur, membuka pikiran,
serta menyadarkan siswa yang terlambat. Itu dilakukan hampir setiap hari,
ketika beliau ada waktu dan kesempatan.
Setelahnya, beliau akan keliling sekolah. Memeriksa kelas-kelas
dan ruangan-ruangan. Untuk kemudian masuk ke dalam ruang kelas yang tidak ada
gurunya. Tanpa mengharap bantuan guru piket.
Baca Juga:
Salat Jumat di Negara yang 40% Penduduknya Atheis
Baca Juga:
Salat Jumat di Negara yang 40% Penduduknya Atheis
Namun sayang, Pak Kusyri bukan yang menandatangani ijazah
ketika saya dan teman-teman lulus SMP. Karena prestasinya yang berhasil
menaikkan pamor SMPN 14 (SLTPN 16) Medan waktu itu, beliau dipromosikan untuk
menangani SMP favorit lainnya, SMPN 6 (SLTPN 7) Medan. Hingga pensiun di tahun
2000.
Kini, 14 tahun setelah masa pensiun, Pak Kusyri masih saja
hebat. Beliau masih tetap enerjik ketika berpresentasi. Padahal usianya
terbilang senja, 74 tahun. Ratusan peserta yang hadir, begitu antusias
mendengar arahannya sebagai pejabat di Badan Akreditasi Propinsi, termasuk
saya.
Baca Juga:
Dari Marelan ke New Zealand
Saya yang tersadar, bahwa sang pembicara itu adalah Pak
Kusyri, langsung mencari kesempatan untuk mendekat. Saya ingin beliau tahu,
bahwa disiplin yang beliau tanam, kepada tiap siswanya, kini telah berbuah,
lebat. Saya bangga padamu Pak Kusyri. Mudah-mudahan kerja ikhlasmu, membuat
Bapak selalu sehat, dan dalam lindungan-Nya. Amin.
Post a Comment