RPP Satu Lembar Tematik Kelas 1-6 SD



Tematik merupakan metode pembelajaran terpadu. Menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

Dengan tema diharapkan akan memberikan banyak keuntungan, di antaranya:

1. Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
2. Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama;
3. Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
4. Kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa;
5. Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas;
6. Siswa lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain;
7. Guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya dapat digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.

pembelajaran tematik juga harus terangkum dalam perangkat pembelajaran seperti RPP.

Sejatinya, RPP Satu Lembar (ada yang menyebutnya RPP Satu Halaman) adalah RPP yang hanya terdiri dari tiga komponen inti tetapi padat isinya. RPP ini menuntut kreativitas tinggi dari seorang guru dalam proses pembelajaran.

Meski tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP ini termasuk jumlah halamannya, tapi ada prinsip dan komponen yang perlu diperhatikan dalam menyusun RPP tersebut.

Bentuk RPP yang disederhanakan tersebut bisa saja dibuat hanya satu halaman asalkan sesuai dengan prinsip:

1. Efisien, yaitu penulisan RPP ditulis dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

2. Efektif, artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

3. Berorientasi pada murid, maksudnya penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.

Silahkan klik di sini untuk download.

No comments