Rincian Biaya Panel Surya Atap Rumah Untuk Daya 1300 VA

 


Berbicara tentang panel surya untuk rumah, maka pertanyaan yang sering muncul adalah: Berapa biaya yang dibutuhkan untuk merakit sistem panel surya atap rumah dengan daya 1300 VA? Apa saja komponen yang dibutuhkan? Apakah butuh baterai atau tidak?

Meskipun teknologi panel surya masih terbilang baru di Indonesia, namun sudah menjadi tren dan banyak dicari. Terutama setelah PLN memberikan izin memasang pembangkit surya di rumah.

Dikutip dari pvinasia.com, berikut pilihan solusi listrik panel surya atap untuk rumah Anda.

Setiap rumah tangga 1300 VA, memiliki perbedaan nilai bayar tagihan setiap bulan. Hal ini wajar, karena nilai bayar ini bergantung karakter dan jumlah pengguna dalam rumah tangga tersebut. Berikut contoh simulasi konsumsi rumah tangga 1300 VA :



Dari data diatas, diketahui rata-rata konsumsi listrik pelanggan 1300 VA adalah 334,42 kWh/bulan atau setara biaya Rp. 490,000,- setiap bulannya. Dengan besaran biaya tarif listrik pada Maret 2020 adalah sebesar Rp. 1.467,28/kWh.

Penggunaan sebesar 334,42 kWh perbulan tersebut menunjukkan bahwa setiap harinya pengguna memakai kurang lebih 11,14 kWh, dengan catatan nilai ini dapat berbeda untuk masing-masing pengguna.

Berapa biaya Sistem Panel Surya Atap Untuk Rumah 1300 VA?

Untuk memenuhi kekurangan kebutuhan listrik sebesar 1300 VA tersebut, maka dapat mengaplikasikan sistem panel surya atap sebagai solusi. Ada beberapa tipe sistem yang dapat digunakan, yaitu:

1.    Sistem Grid Tie dengan EXIM (tanpa baterai)

Pada sistem grid tie, sistem panel surya harus berada di area yang memiliki jaringan koneksi dengan PLN untuk dapat bekerja. Minimal pada area tersebut PLN dapat bekerja 24 jam dan hanya terjadi pemadaman listrik sekali dalam sebulan dengan total lama waktu pemadaman tidak lebih dari satu jam. Hal ini karena sistem panel surya membutuhkan sinkronasi daya listrik PLN sebagai pemicu sistem bekerja. Sistem hanya berfungsi jika listrik PLN ada.

Sistem Grid Tie Listrik Surya Atap hanya berfungsi jika listrik PLN ada.

Yang perlu dicatat adalah pengguna yang ingin memasang sistem Grid tie dengan EXIM hanya dapat memasang listrik energi surya kurang dari daya meter terpasang. Sehingga untuk meter 1300 VA, maka sistem listrik energi surya yang dapat diinstal adalah maksimal sebesar 1200 Wp atau lebih kecil.

Biaya pembelian sistem produk, mulai dari Rp. 23.000.000,-* Untuk per satu kWp (1000 Wp) terpasang di wilayah Jabodetabek.

* Perbedaan biaya dapat terjadi tergantung dengan jenis pilihan produk yang digunakan, lokasi pemasangan, sistem pembiayaan dan tambahan layanan lainnya, seperti sertifikat laik operasi, bantuan pengurusan izin dan lain sebagainya.

Dengan kebutuhan listrik yang mencapai 11,14 kWh per harinya, maka listrik surya dapat memenuhi maksimal hingga 4,8 kWh (sesuai standar penyinaran matahari di Indonesia) atau setara 43% kebutuhan harian listrik rumah tangga.

2.    Sistem Grid Tie dengan EXIM dengan baterai

Pada jenis sistem grid tie dengan baterai, sistem kerjanya sama dengan sistem grid tie diatas, namun ada penambahan baterai sebagai cadangan daya jika listrik mati. Sehingga sistem dapat mendukung kebutuhan listrik rumah, terutama ketika listrik PLN padam.

Harga komponen grid tie tidak berbeda jauh dengan seperti yang dijelaskan diatas, namun ada penambahan komponen inverter charger dan baterai, sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Sehingga untuk sistem ini dibutuhkan biaya mulai dari Rp. 23.000.000,-* Untuk per satu kWp (1000 Wp) terpasang di wilayah Jabodetabek, dengan penambahan biaya mulai dari Rp. 5.000.000,-* untuk setiap kebutuhan cadangan daya per jamnya.

* Sesuai dengan tipe kualitas inverter charger dan tipe baterai yang digunakan.

3. Sistem hybrid pararel PLN

Pada sistem panel surya hybrid, sistem mampu bekerja (1) secara terhubung, (2) tanpa terhubung ataupun (3) bersamaan dengan PLN. Sistem ini cocok untuk lokasi yang memiliki PLN, namun sering terjadi pemadaman listrik.

Biaya yang dibutuhkan untuk mendukung kapasitas 1300 Wh adalah mulai dari Rp. 50.000.000,-* untuk setiap dukungan daya per harinya.

* Nilai tersebut tidak bersifat mengikat dan dapat berubah sesuai penawaran kualitas produk yang diberikan. Juga nilai kelipatan yang ditampilkan hanya sebagai acuan, dan dapat berubah sesuai perhitungan detail di rumah pengguna.

Jadi? Apakah anda tertarik?

Sumber

 

No comments